Terjemahan Hadist Shohih Buchory; Jilid IV; Halaman 53; Hadist Nomor 1709

 

Dari Abu Zar r. a., ia mendengar Nabi S. A. W. bersabda: “Seorang laki-laki yang menuduh laki-laki lain itu jahat atau menuduhnya kafir, maka tuduhannya itu berbalik kepada dirinya, seandainya orang yang dituduhnya itu tidak seperti itu.”

 

 

Terjemahan Hadist Shohih Muslim; Jilid I; Halaman 33; Hadist Nomor 49

 

Dari Ibnu ‘Umar r. a., katanya Rasulullah s. a. w. bersabda: “Siapa yang berkata kepada saudaranya (sesama muslim; peny), “Hai Kafir!”, maka ucapa itu kembali kepada salah satu di di antara keduanya. Jika apa yang diucapkannya itu benar, maka ucapan itu tertuju kepada orang yang dipanggil. Jika tidak, maka ucapan itu tertuju kepada yang mengucapkan”.

 

 

Terjemahan Hadist Shohih Muslim; Jilid I; Halaman 34; Hadist Nomor 50

 

Dari Abu Dzar r. a., aktanya dia mendengar Rasulullah s. a. w. bersabda: “Siapa yang mendakwa orang lain sebagai bapaknya, padahal dia tahu bahwa itu bukan bapaknya, maka dia itu kafir. Dan siapa yang mendakwa sesuatu yang bukan miliknya, maka orang itu tidak termasuk golongan kita (tidak termasuk golongan muslim alias kafir; peny.), maka tempatnya ialah di neraka. Dan siapa yang memanggil seseorang dengan panggilan “Kafir” atau “Musuh Alloh”, padahal orang yang dipanggilnya itu bukan demikian, maka ucapannya itu kembali kepada dirinya sendiri”.

 

 

 Back to Top 

 Back to Ayat-ayat Al ~ Qur'an 

 Back to Main Menu 

k